berusaha dan bekerja serta yakin dengan kemampuan yang kita miliki sebenarnya lebih dari yang dimiliki orang lain
English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jumat, 08 Juli 2011

KOMPOSISI KIMIA MEMBRAN SEL DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMEABILITAS


KOMPOSISI KIMIA MEMBRAN SEL DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMEABILITAS

I.         Tujuan Percobaan
            Melihat pengaruh berbagai perlakuan fisik dan kimia terhadap permeabilitas membran

II.      Pendahuluan
            Setiap sel eukariotik memiliki sistem membran yang kompleks, yang peranannya secara umum mengatur pertukaran bahan-bahan antara sel dan lingkungan sekitarnya serta organel-organel sel. Dalam sistem membran juga berlangsung reaksi metabolisme seluler. Membran plasma atau plasmalema suatu tumbuhan tinggi merupakan batas luar dari protoplasma yang berhadapan dengan dinding sel. Tonoplas atau membran vakuola, membungkus vakuola dan memisahkan dari sitoplasma (pada sel tumbuhan tinggi yang dewasa biasanya hanya ada satu vakuola yang besar).
            Organel-organel seperti kloroplas, mitokondria, retikulum endoplasma, periksisom dan lain-lain dilindungi oleh membran. Kloroplas dan mitokondria memiliki dua lapisan membran, dimana bagian dalam membran memperlihatkan organisasi yang rumit.
            Berdasarkan ultra struktur dan fungsi membran terbukti bahwa membran tersusun oleh protein dan lemak yang memiliki struktur tiga lapisan dengan tebal kurang lebih 75 Angstrom. Berdasarkan model hipotesis Davson dan Danielli, lapisan protein mengapit lapisan bimolekul lemak (fossolipid).
            Sifat khusus membran lainnya disamping susunan kimianya adalah sifat fungsionalnya yang semi permeable (permeable diferensial). Air melalui membran secara pasif berdasarkan gradien potensial air. Beberapa solut dapat lewat tetapi dengan kecepatan dan mekanisme yang berbeda-beda.pada membran tidak hidup, perbedaan permeabilitas bergantung pada besar kecilnya molekul yang hendak lewat dan ditentukan pula oleh besarnya pori-pori membran. Tetapi pada membran plasma (sel hidup) besarnya molekul tidak berpengaruh. Hal ini diduga ada kaitannya denga kelarutan zat itu dalam salah satu komponen membran. Jadi membran bukan sekedar lapisan yang pasif. Hal ini akan kita lihat pada percobaan berikut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo diisi yaw...

Glitter Words
[Glitterfy.com - *Glitter Words*]