berusaha dan bekerja serta yakin dengan kemampuan yang kita miliki sebenarnya lebih dari yang dimiliki orang lain
English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 14 Januari 2012

Varitas Padi Unggulan Temuan Petani Cirebon

Kemampuan petani Indonesia tampaknya semakin mumpuni. Buktinya petani asal Cirebon, Surono Danu, berhasil menemukan varitas benih padi baru.
Varietas tersebut diklaim mampu menandingi padi hibrida dari segi produktivitas dan tahan serangan hama wereng. Benih padi yang dinamakan Sertani itu merupakan hasil penyilangan padi lokal antara pejantan dayang rindu dengan betina sirendah.
 

 
"Saya mulai coba menyilangkan sejak 1985 dan diuji tanam di petani sejak 1992," ujar Surono, pemulia benih tersebut yang melakukan riset di Lampung, di sela Pertemuan Pemuliaan Padi Galur Lokal Berpotensi Produksi Gabah Tinggi, di Hotel Cipta Mampang, Jakarta, pekan lalu.
Surono menyebutkan, produktivitas benih padi Sertani bisa mencapai sekitar 13 ton gabah kering panen (GKP) per hektare. "Uji coba di Sumedang kemarin ada yang bisa panen 11, 8 ton GKP per hektare," ungkapnya.
Surono menyayangkan tidak adanya perhatian ataupun bantuan dari pemerintah. Karena itu, dia hanya memasarkan benih temuannya ke komunitas petani tertentu, tanpa ambil untung. Beberapa daerah yang sudah menggunakan varietas benih padi Sertani seperti Lampung, Klaten, dan Sumedang.
"Yang penting buat saya bagaimana caranya bisa memberi makan masyarakat Indonesia dari hasil riset saya," katanya.
Sumber: Media Indonesia

2 komentar:

  1. minta no nya pak danu surono mas....

    BalasHapus
  2. cormorant sold gold from the island of Java in Indonesia. relic of Majapahit nation for pari of collectors who are interested with our offer with very cheap prices because we again need money please contact me on mobile no +6282141689473 BRI bank account 644101007661536

    BalasHapus

Monggo diisi yaw...

Glitter Words
[Glitterfy.com - *Glitter Words*]